Mari minum SARABBA’


Minuman ini khas Makassar. Cocok mengusir FLU. Mari mencoba !!!
Membuatnya sbb : masukkan air 5 gelas kedalam panci, rebus dengan jahe 300 g yang telah diberishkan dan ditumbuk kasar agar kabdungannya bisa melarut. Tambahkan lagi gula merah 300 g hingga mendidih.
Masukkan santan 150 ml (3/4 gelas) dan setengah sendok teh merica halus, panaskan terus dengan api kecil agar santan tidak pecah emulsinya kira-kira 2 menit. Jika anda lebih suka,
Masukkan 1 kuning telur ayam atau bebek ke dalam gelas 200 ml dan tuangi Sarabba hingga 3/4 gelas. Nah… untuk ini bisa bikin tenaga OK.
Minum panas-panas, sajikan dengan pisang goreng atau ubi goreng.
Enaknya…, mmmhhh. Hirup saja sambil bersuara wrwrwrwwwppppp seperti orang jepang jika menghargai dan menikmati minuman yang disuguhkan.
Minuman ini cocok untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh, sehingga paling asik diminum sambil belajar atau bercengkerama di malam hari, misalnya sambil nonton bareng.
Tapi pasangan minuman ini apa… ya… pisang goreng panas, ubi goreng dst.
Selamat mencoba.

19 comments so far

  1. maisara on

    izin nyontek resep sarabba nya ya..makasih

    • limpo50 on

      Buat Mbak Maisara : Nyontek yang ini halal… kata pak GURU hehee

  2. kaizen on

    wah…. bisa dicoba nich.
    kayaknya enak tuh, tp bedanya dengan bajigur apa yach…….?

    • limpo50 on

      buat KAIZEN : Beda…lah.
      Yang ini pasangannya pisang goreng, atau ubi goreng yang dimakan pake sambel terasi pedas, bukan pake gula.

  3. rita on

    resepnya patut dicoba tuh,
    Btw sekedar informasi, ada produk sarabba yang dalam bentuk instan,namanya SUKMA JAHE jadi ga perlu repot bikin sarabba, tinggal taruh kuning telur kedalam cangkir, dituangi dengan sarabba instant yang telah diseduh.
    Nyammanna….karaeng…..!!!!
    Coba mi rasanya….hmmm……

    • limpo50 on

      Tak sama-sama sekali….
      Semua yang instan … nama-tinggal-nama, nama boleh sama, tapi rasa tak bisa disama-KEN.
      Begitulah BAU’ eh… Mbak RITA.

      • rita on

        kalo memang belum coba..yah…tdk tau rasanya…
        instant memang instan, tapi asli dari resep sarabba yg sebenarnya…produk hasilnya tidak sama dengan produk pabrikan yg tdk mengenal “RASA”
        coba meki cari ki itu produk…dijamin rasanya…
        Btw, saya bukan mba…saya asli makassar ces…!

  4. Azhari on

    Hmmmm . . .
    Pa lg musim hujan gini . . . !!!
    Cocok !!!

  5. DEWA PENOLONG on

    aduhh..minta maaf ya,,!!!
    aku ralat ya,,sangat salah cara penyajiannya!!!
    karena aku sendiri penjual SARABBA SUNGAI CEREKANG.!!!
    jdi minta maaf sekali lagi,,kalo takaran GULA,JAHE,SANTAN,tdk seimbang,,jadinya nanti g enak!!!
    yang jadi masalah situ jahenya,,,terlalu banyak sehingga bisa pahit rasanya.!!!
    sekali lagi minta maaf,

    wassalam

    by PENOLONG SETIA

  6. sjahrir on

    Yah….bikin sendiri sangat enak rasanya.
    Yang dijual banyak tak cocok selera…
    Maka jangan terseat pada penjual yang kurang mengerti konsep dasar pengolahan makanan yang rasional, sebab resep sangat banyak variasinya dan dapat anda setel sendiri…enaknya selera anda seperti apa.
    Yang penting penguasaan sifat2 bahan baiknya diketahui, agar jangan santan yang dimasukkan kemudian menjadi minyak karena terlalu lama dimasak…tekstur dan emulsinya pecah dan itu mengubah massa dan struktur kimianya …jauh dari apa yang mestinya dilakukan.
    Banyak penjual tak mengerti masalah begini…
    Bukankah membuat sendiri di rumah lebih higienis dan sehat ???
    Ayo….membuat sendiri.

  7. bunghaw on

    mau coba bikin juga nih..ijin nyontek resepnya..
    lagi kangen sama minuman ini..

  8. Pargun-Penguin on

    Sarabba klo soal rasa eeee tidak ada 2 nya ces,,,,
    aku tinggal di Balikpapan, sudah ada mi penjual Sarabba
    asli dari Makassar,,nyummm, nikamt,,

  9. bagong on

    mari minum sarabba di tepian di tempat bagong

  10. bagong on

    kunjungilah bagong sarabba yang beralamat jl Ahmad Yani (Tepian)

  11. bagong on

    jangan lupa

  12. bagong on

    hubungi Sdr Bagong ditepian di kabupaten berau kaltim krn sdh terbukti dan sering dikunjungi pejabat,artis, dan mamah dedeh
    Lanjutkannnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

  13. idris on

    emang…enak tuh sarabba..diminum panas2 plus ubi goreng….dulu ibu mertuaku dari jawa paling ga suka minuman jahe..pas aku buatin sarabba..eh malah ketagihan…seminggu bisa 2 atau 3 kali bikin sarabba…hehehehe….

  14. limpo50 on

    Pokoknya mari rame2 bikin sendiri…itulah yang paling bersih…enak bisa disetel pedas dan santannya…sebab banyak penjual mengemas dalam plastik padahal ini minuman panas, berbahaya lho…ada ancaman kanker.
    Jadi siapkan jahenya yang sudah kering, jangan pilih yang terlalu segar…baru dicabut apalagi yang dimusim hujan…minyak atsirinya sedikit, padahal itu yang diperlukan.

    • Rita on

      Produk kuliner Makassar sangat lah kaya akan kenaekaragamannya. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringannya. Salah satunya adalah Sarabba.
      Sekarang ini, sarabba pun sudah sangat bervariasi, baik yang masih tradisional maupun yang sudah dikemas. Seiring dengan jaman sudah sangat modern dengan mobilitas yang sangatlah padat.
      Sarabba Makassar memberikan solusi.
      Dengan kemasan modern, higienis dan praktis tanpa mengacuhkan resep tradisi sehingga membuat sarabba memiliki value yang lebih.
      Juga jangan khawatir dengan komposisi dari bahan-bahan yang digunakan. Sebagai informasi Sarabba Sukma Jahe ini menggunakan bahan-bahan pilihan seperti jahe yang telah disortasi, gula aren dengan standarisasi organik IMO dari Swiss serta krimer nabati kualitas eksport. Untuk legalisasi sudah memiliki nomor ijin dari dep.kesehatan, LP POM MUI dan sudah didaftarkan di Dirjen HAKI.
      Sarabba dengan merek SUKMA JAHE ini dapat Anda peroleh di toko oleh-oleh di kota Makassar…
      Diproduksi oleh putra daerah yang bangga akan kuliner khas Makassar


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: