Pisang IJO ayo… ini resepnya


Pisang Ijo yang khas Makassar banyak disukai, ini resepnya 

Resep Es Pisang Ijo

Bahan-Bahan :
40 gram tepung beras
1/2 sendok teh garam
300 ml air
100 ml air daun suji
3 tetes pewarna hijau atau pasta pandan
175 gram tepung beras
5 buah pisang raja yang tua
es serut dan sirup merah (cocopandan)
650 ml santan (bahan saus)
50 gram tepung terigu (bahan saus)
75 gram gula pasir (bahan saus)
1 lembar daun pandan (bahan saus)
1/4 sendok teh garam (bahan saus)

Cara Mengolah :
1. Aduk tepung beras, garam, air, air daun suji, pewarna hijau lalu rebus sambil diaduk sampai mendidih, angkat.
2. Tambahkan tepung beras, aduk rata lalu aduk lagi sampai kalis (tidak lengket). Tipiskan adonan, balutkan pada pisang hingga tertutup.
3. Kukus pisang selama 20 menit. Angkat dan sisihkan.
4. Rebus bahan saus sampai mendidih, angkat lalu dinginkan.
5. Potong-potong pisang hijau, tuangkan saus, es serut, dan sirup merah.

About these ads

17 comments so far

  1. draguscn on

    Waaaa.. udah nongol disini sejak kapan nih pisang ijonya .. kok ngga di pingback ke saya biar ngerti kalo udah ada disini … ayaoo makan-makan minum-minum ..
    Zedaaaaaaappp .. ler …

  2. ria on

    thx resepnya,kau coba buat puasa yad…

  3. Abu wildan aljakarty on

    Bismillahirrohmanirrohim
    Assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh
    saya ucapkan terimakasih atas tulisan resep pisang ijonya
    dan saya mau bertanya berapa kira-kira harga satu mangkuknya bila kita jual? saya punya teman dari Maros yang ingin ke jakarta dan berencana membuka usaha bersamanya, namun masih memilah-milah mana yang cocok dan berpeluang besar
    mohon jawabannya dikirim ke email saya.

    Jazakallohukhoiron katsiero

  4. muh iqbal on

    wah bapak doyan pisang ijo?? sama tapi disini dingin jd tidak cocok gitu!!

  5. gina on

    thanks ya atas resepnya…anakku suka banget niyy, jadi mamanya harus bisa bikin :)

  6. bekti on

    kalau dijual semangkuk berapa ya? bisa dikombinasikan dgn bahan-bahan lain nggak?

  7. syamsiah on

    makasih resep pisang ijonya,,, dah lama saya cari2 di toko2 buku, ketemunya di sini…

  8. elis on

    ASKUM. IJIN COPY PASTE UNTUK SHARING KE FANS. TRIMS YA

  9. tips on

    halo, makasih resepnya…

  10. hasan on

    Ass wrwb. Saya sdh jual es pisang ijo laku buanget tapi saya jual dagangan buatan org lain. saya pernah coba buat sendiri ko malah enakan punya org lain. sausnya saya bikin kurang enak kurang menarik dan saat dicampur sirup merah sausnya warnanya kurang menarik.

  11. limpo50 on

    Hati-hati menggunakan sirop berwarna cemerlang, itu bisa pertanda pewarna tekstil yang dilarang dan berbahaya.
    Sirop dengan pewarna makanan yang aman kebanyakan warnanya memang agak pudar dan tak cemerlang (menyala).
    Buatan sendiri mesti dibanggakan Mas. Buatlah dan banggalah.

  12. chobe on

    uhh jdi pengen bikin usaha pisang ijo ..

  13. chobe on

    kya nya 5000 satu porsi cocok ya ???

    bagus nich buat usaha ..

    tapi laku engga ya ??????

  14. chobe on

    tolong masukan nya ya ??

  15. ratna on

    mo nanya nih!saya sudah coba resep di atas tapi gatot alias gagal total. Adonan jadi keras n waktu dikukus adonan pecah sehingga pisang kelihatan.
    Apakah adonan tepung beras dan air suji yang sudah mendidih dan mengental harus didinginkan terlebih dahulu sebelum dicampur dengan 175 gr tepung beras?
    Karena dengan 175 gr tepung beras dicampur ke dalam adonan yang masih panas, tidak kalis-kalis / lengket terus, jadinya saya tambah tepung beras lagi eh …. jadi keras deh!
    Tks atas resepnya n mohon saran pembuatannya!

  16. setoelkahfi on

    wahhh, boleh nihh di coba

  17. devi on

    thx resepnya ya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: