Bagaimana Bentuk Sistem Informasi Kesehatan Kita?

Inilah pertanyaan yang bisa timbul dalam fikiran kita. Bagaimana sebuah Sistem Informasi Kesehatan bisa dilihat wujud Sistemnya itu!
Kendala pertama sebuah pembangunan SIK di Indonesia, adalah pembangunannya tidak dimulai dari sebuah pendekatan sistemik, sebagaimana sebuah sistem dibangun dari awalnya hingga semua proses kuncinya dapat jelas bentuknya, elemen utamanya yang mana dan elemen pendukungnya apa apa saja. Mengapa ?
Ada sebuah fenomena yang mencerminkan bahwa masalah ini berbelit-belit dan tak berbentuk akibat penerapan yang tidak tepat pada implementasi dan pemaknaannya. Hal ini terjadi mulai dari proses pembangunan Sistem itu hingga akreditasinya.
Lihatlah… akreditasi dilakukan oleh yang bukan Badan Akreditasi, tetapi dilakukan oleh institusi yang lebih tinggi. Akibatnya dalam perlindungan korps, semua yang dilakukan hanyalah semu dan tidak dapat dikatakan sebagai akreditasi sesungguhnya.
Karena praktek pembangunan sistem yang “latah” inilah, maka SIK akan memakan waktu yang tak menentu untuk mendapatkan apa yang dicari.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: