Masih Pantaskah Dokter langsung memberi Obat ???

Praktek profesi adalah nama yang telah dikenal semua orang pada saat ini.
Di jaman penjajahan Belanda, hingga tahun 1970an konon, praktek partikulir bagi dokter tidak boleh sama sekali seatap dengan bangunan apotik! Mengapa? Ada apa dan bagaimana kini?
Aturan izin perapotikan nampaknya pernah berubah secara ngawur. Pengaturan yang pasti tujuan utamanya teratur telah dimodel sedemikian rupa sehingga pembukaan dan pemberian izin membuka apotik diberikan kepada siapapun yang tidak berkompeten untuk itu, dasarnya adalah melihat apotik sebagai tempat mencari duit!
Maka pelanggaran semakin tak tampak lagi karena aturan telah dibuat begitu, yaitu sesuai untuk menjadi tempat cari duit dan meninggalkan konsekwensi dan tanggung jawab kemanusiaan sebagaimana dijunjung tinggi pada perundang-undangan farmasi.
Bidang farmasi memang bidang spesifik. Yang jika dibiarkan ditangani oleh mereka yang berada diluar itu, maka semua hal dilanggar… tak ada lagi tanggung jawab pada kepentingan masyarakat sebagaimana dimiliki dan ditanamkan pada insan farmasi disaat masih dalam masa pendidikannya.
Itulah sebabnya kini, semua bahan yang tadinya karena etika tidak dipublikasikan ke masyarakat, kini bahkan telah menjadi bahan yang diperjual belikan secara bebas, dibuat secara bebas dan tak terkendali lagi.
Apalah arti pemberian obat secara rasional, jika farmasis tidak melakukan hal yang mestinya ia lebih tahu?

Tunggu kelanjutannya…

2 comments so far

  1. Nofa on

    Salam kenal pak…

    Numpang mampir ya..

    Setuju dengan pendapatnya. Kalau terjadi masih ada dokter yang memberikan obat kepada pasien berarti kita kembali ke jaman dulu sebelum kedua praktek profesi itu dipisahkan.

    Mampir juga di blog saya…

  2. limpo50 on

    Terima kasih.
    Langkah perbaikan dimungkinkan jika ada disiplin lain terlibat kedalam prosedur atau proses yang ada. Kalau tidak akan berdiri kerajaan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: