Kasihan … komitmen ICD-10 Menteri Kesehatan R.I

WHO (World Health Organization) don’t you care about the implementation of ICD-10 ???
Mengapa aparat Depkes tidak memperhatikan implementasi hal yang mendasar ini ???
Kode ICD-10 yang wajib dipakai sebagai dasar pencatatan medik pada unit pelayanan kesehatan adalah mengacu pada SK Menteri Kesehatan R.I. No.:50/Menkes/SK/I/1998 tanggal 13 Januari 1998 tentang PEMBERLAKUAN KLASIFIKASI STATISTIK INTERNASIONAL MENGENAI PENYAKIT REVISI KESEPULUH; yang mengganti penggunaan ICD-9.

Namun bagaimana kejadian ditingkat implementasi SK tersebut ? Waktu yang demikian lama apakah tidak mengalami evaluasi dan kontrol manajemen???

Adalah pantas jika Data Kesehatan di Indonesia tak dapat disanding dengan negara lain. Semoga ada yang memperhatikan.

5 comments so far

  1. toto on

    tolong kirim ke emailku isi sk pemberlakuan icd 10

    • limpo50 on

      Mas Toto,
      Segera setelah saya scan… anda kerja di mana ?
      Salam,

  2. Raharjo on

    yahhh.. gimana lagi pak… mending ngurus tender SIKNAS yang gede itu daripada ngurusin lembaran SK Kepmenkes…

  3. sjahrir on

    Baiknya kita ikut TENDER pemilu yah… biar tak amburadul begini.
    Tingkat puskesmas saja REKAP banyak dikarang…manalagi kalo Pemilu. MAU NGGAK…

    • Raharjo on

      hehe… gak kuat modal pak
      btw baru siang tadi ada bidan ngaku terus terang kalau memang laporan selama ini banyak yang ngarang.. yah, cerita yang sering saya dengar pak.. mudah2an saya bisa ikut berpartisipasi bikin lebih baik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: