HUTAN Indonesia… berapa hasilnya ???


Sejak zaman dahulu, Indonesia selalu menjadi perdebatan negara lain yang takjub melihatnya. Betapa tidak


Sejak lama masyarakat kita telah dinyatakan hidup dibawah standar sehingga pernah dinyatakan bahwa tak satupun kalkulator dapat memberi perhitungan bagaimana rakyat Indonesia bisa hidup dari pendapatan yang minim itu. Saat itu hutan, tambang, hasil laut dan minyak masih tersimpan rapih dalam perut bumi Indonesia. Sukarno, Bapak pemimpin negara kita benar-benar meninggalkan kepemimpinannya dengan kondisi negara yang KAYA RAYA sehingga iapun yakin, negara ini akan tetap mampu berdiri sendiri tanpa tergantung negara penjajah, kolonialis atau apapun lainnya.
Hanya beberapa tahun kemudian, tak terasa rasanya, semua kekayaan negara telah digadai oleh pemerintahan di kemuadiannya hingga kini. Teriakan protes dan pekik kemiskinan penderitaan, busung lapar dan penggusuran itulah yang bahkan populer terlihat pada semua media massa.
Kini semua telah digadai, hutang bertumpuk tak karuan jumlahnya, mungkin masih terfikir lagi untuk menambahnya, yang jelas investasi asing selalu dianggap barang yang paling pas disaat ini.
Lembaga-lembaga pemerhati masa depan Bangsa ini seperti tak berarti dimata KAFILAH yang berjalan terus dan BERLALU.

Belum lama berselang, sebelum Soeharto memerintah…. Kitapun kagum pada Laut, Sungai, Gunung, Pohon, apapun yang tampak dimuka bumi Indonesia… apalagi mereka yang pendatang…
Andaikan penebangan hutan itu dilarang total hingga 50 tahun saja, mungkin rakyat kita tak juga semelarat sekarang, karena memang tak bergantung dan tak mendapatkan apa dari penjualan hutan itu. Tapi nilai penjualan kekayaan negara itu dapat dipakai memprediksi tak lama lagi semua akan dihabiskan oleh aparat yang kini tak memperdulikan kelangsungan negara ini.

Dimanakah kau PENERUS-PENERUSĀ BANGSA… ?

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: