Luka Baru… pakai TAHI AYAM

Kami piknik ke pantai .. tahu-tahu teman saya yang perawat tergelincir di batu curam … jatuh hingga terluka. Luka juga pada daerah Tulang keringnya… kami hanya menolong dengan cara darurat.. apa adanya. . “Lantana camara

Memprosesnya : ambil segenggam besar daun yang muda, peras hingga mendapatkan airnya, itulah air daun Bunga Tahi Ayam yang mujarab. Teteskan pada luka.
KapanLagi.com – Banyak banget cara-cara pengobatan pertama yang sebenarnya malah berbahaya. Banyak orang masih percaya metode lama, misalnya menaburkan peroxida ke luka, seperti dijelaskan Michael VanRooyen, profesor pengobatan darurat di Johns Hopkins School of Medicine.

“Cara ini dan pengobatan lain yang cukup populer tidak hanya salah, bahkan bisa menyebabkan luka yang lebih serius,” jelas VanRooyen.

Setelah tahunan riset, para ahli menemukan bahwa beberapa obat di kotak P3K bahkan bisa memperparah keadaan. Coba update kotak P3K Anda sebagai berikut:

LUKA DAN GORESAN

Hidrogen Peroksida, Iodin, Alkohol, dan Obat merah

Jika luka tidak terbuka, iodin memang obat paling OK untuk membunuh bakteri. Oleh karena itulah, dokter menggunakan larutan ini untuk membersihkan daerah yang akan dibedah. Tapi ketika ada luka terbuka, menurut ahli kulit Robert Kirsner, juru bicara American Academy of Dermatology, Iodin, Hidrogen Peroksida dan alkohol justru akan meracuni sel kulit, dan memperlambat penyembuhan. Reaksi kimia yang terjadi tidak hanya membersihkan luka, tapi juga membunuh sel yang sehat. Tahu kan rasa pedih akibat alkohol? Hal itu terjadi karena sel yang sehat juga ikut mati.

Menggunakan iodin pada luka terbuka akan membunuh bakteri, tapi tidak membersihkan luka. “Yang Anda butuhkan adalah melindungi jaringan yang masih bagus, tetapi Iodin tidak melakukan hal itu. Obat merah juga membunuh bakteri, tapi obat ini mengandung merkuri (air raksa), yang merupakan zat beracun, jadi malah tidak dianjurkan, bahkan sekarang mulai dihindari.

Lalu bagaimana?

Yang cukup mengejutkan, membersihkan luka tidaklah terlalu sulit: “Cara paling efektif membersihkan luka dan sekaligus menjaga kerusakan pada jaringan yang sehat adalah dengan membersihkan luka yang ada dengan air mengalir,” kata Van Rooyen. Bilas dengan air mengalir sampai semua kotoran berhasil dilepaskan dari lujka. Jika Anda khawatir pembalut luka yang Anda gunakan lengket, coba gunakan salep antibakteri yang mengandung bacitracin atau neomycin untuk melumasi daerah luka.

Bagaimana tindakan saya ketika itu ??? :
Dasar dari kecil hidupnya di alam, saya tak menghiraukan lagi kalau rombongan kami itu adalah orang-orang kesehatan ada perawat, bidan, dokter, sanitarian dan macam-macam. Saya menaiki bukit yang ditumbuhi pohon bunga TAHI AYAM… apa ya nama latinnya… .
Segenggam remasan daunnya yang cukup muda saya tawarkan untuk kuberikan pada teman yang kesakitan itu.. . Saya diprotes habis-habisan… dianggap kuno, membahayakan, infeksi, dan macam-macam komentar lainnya. Sayapun tak berdaya. Tetapi karena pulang berarti acara bubar… tinggal berarti menyiksa si sakit, kesenjangan itu membuat saya berjanji dan meyakinkan teman lain untuk memberikan kesempatan saya menolongnya dari pada dibiarkan.
Tak ada lagi yang ingat kalau kami piknik menggunakan ambulance rumah sakit. atau mau memeriksa kalau di mobil mungkin ada tas P3K.
Karena saya paling dekat dengan si sakit, lama-lama ia mengalah juga setelah capek mengerang sendirian. Dengan rasa gembira kuperaslah daun dalam genggamanku itu hingga airnya perlahan menetes ke luka-luka yang ada disekujur kaki dan tangannya. Ia merintih tapi saya terus saja memeras.
Semua teman jadi diam, khawatir kalau besok ada apa-apanya. Apa lagi mereka melihat daun itu saya cuci dengan air laut.
Esok harinya saya masih di kamar, dan sisakit itu telah berada di depan pintu mengetuk dengan nada tergesa-gesa. Saya keluar tak ingat ada masalah kemarin itu….
Dipukulnya pundak saya, diangkat sarung yang masih dipakainya. Lalu ia mengaku !! Luka itu telah kering semuanya dalam semalam.
Ternyata daun itu memang mengandung bahan antiseptik yang cukup kuat dan mungkin bahan lain yang cocok pas untuk luka…
Maka cerita lama jangan dibuang…

4 comments so far

  1. herlina on

    bunga tahi ayam bisa didapat dimana apa ada yang sudah kering, atau apa ada perkebunan bunga tahi ayam, please info

  2. limpo50 on

    Biasanya tanaman ini tumbuh di tanah yang kering tandus … biasa banyak ditemukan di pantai …atau di pekuburan. Kalau belum ada yang kering atau perkebunannya maka itu satu lagi peluang buat yang suka bisnis…. gimana prinsip pengeringan daunnya ?? keringkan dengan tidak menggunakan sinar matahari langsung.

  3. herlina on

    Yth Bpk Limpo50,

    makasih untuk tanggapannya, betul seperti kata bapak, mungkin ini suatu peluang bisnis. Menurut info dari beberapa pihak di makassar, bunga ini terdapat didaerah yang seperti dikatakan oleh bapak. Apa bapak bisa bri info perkebunan di daerah sulawesi selatan?? Mungkin bisa bri infonya dan petunjuknya tentang cara pengeringan bunga tahi ayam seperti kata bapak, karena tentang hal ini saya sangat dak berpengalaman sama sekali . Apa cukupdi angin2x kan? dan butuh berapa lama? sekali lagi trimakasih banyak sebelumnya.

  4. sjahrir on

    Mbak Herlina, Kalau anda ada di Jakarta mungkin kalau jalan2 ke Direktorat Obat Tradisional di Ditjen POM Rawasari masih bisa menemukan buku2 tentang Tatacara Pengeringan Simplisia. Kalau tidak mungkin bisa ditemukan di Fak Farmasi dimana saja.
    Buku saya sudah tak ada lagi… minta maaf buat itu.
    Di Perancis misalnya, kita masih bisa menemukan banyak jenis simpalisia dari tanaman yang tersedia untuk banyak kebutuhan. Di negara kita yang tanaman obat atau yang aromatiknya tak kalah banyak bahkan mungkin lebih banyak…justru tidak banyak kita lihat di apotik-apotik….Nah…sisa kini siapa dan bagaimana memanfaatkan keadaan itu… .
    Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: