SEJARAH LABORATORIUM itu telah DILUPAKAN

Siapa yang tidak ingat, Guru di sekolah selalu mengingatkan, BOS juga begitu, katanya :”JANGAN LUPA SEJARAH”. Maka kalimat itu tertanamlah di kepala hingga membuat kita heran …. Mengapa?? Tepat di depan Lapangan KAREBOSI Makassar, sebuah Laboratorium Kesehatan di Era tahun 60an (kalau tidak salah ingat lho….) dikabarkan telah ditemukan KUMAN ELTOR… sejenis penyakit mutah-berak yang konon selalu menelan korban setiap musim mangga tiba.
Penemu dan penemuan itu dikenang dan dikenal orang di seluruh penjuru dunia, hingga nama TANAMAL penemunya selalu dibanggakan teman saya karena beliau itu adalah OMnya.
Begitu banyak kebanggan propinsi Sulawesi Selatan yang kini terdengar disetiap perayaan dan apa-apa yang dimonumentalkan, TETAPI mana…. penghargaan terhadap seorang penemu seperti ini ???
Datang dan lihatlah…. kini LABORATORIUM ITU telah di RESLAG, dipinggirkan ke tepian kota, dan BANGUNAN LAMA itu kini telah menjadi yang lain yang mungkin lebih dianggap MEGAH bagi pandangan penguasa dan pengusaha masa kini.
Bukan hanya itu… LAPANGAN KAREBOSI yang telah dipelihara oleh berapa banyak Gubernur dan Walikota di Zaman lalu, kini Lapangan yang bersejarah itu telah dibangun dengan arogannya oleh mereka walau telah menuai protesss pemerhati BUDAYA dan SEJARAH.
Bangunan pengadilan yang terletak di depan KAREBOSI bagai saksi mati, seperti matinya pandangan para penegak hukum itu tentang apa yang terjadi dan lalu-lalang di depannya.
Jika saja masih ada kode ICD ekstra, mungkin kita akan sepakat bahwa negri ini telah MATI HUKUM.
Kodenya H-0000. Kalau anda masih bisa tersenyum lewatlah disimpangan dekat Gedung Pengadilan itu, disana selalu terpasang Larangan pasang spanduk dan sejenisnya, berdampingan dengan Spanduk semua pihak, baik Pemerintah, Organisasi Politik, Pengusaha, dan PEMDA silih berganti.
Apakah sejarah penemuan ini juga telah dilupakan Dunia ???

1 comment so far

  1. draguscn on

    Saya kagum sebenernya, Pak .. laboratorium bersejarah kita itu disamakan dengan ini.
    Tapi mungkin nanti pas saya kesini lagi .. related postnya udah ganti lagi ..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: