di T4 penitipan, anakku UMUR 3 tahun; diKEROYOK

Penting…mengetahui apa yang ditanam saat ini kepadanya !!!
Pendidikan pada anak yang diberikan seawal mungkin, merupakan proses belajar yang patut diketahui tahapan dan tujuannya oleh orang tuanya. Proses itu relatif lama dan banyak elemen-elemennya yang penting diberikan oleh pendidik kepada orang tua anak, ataupun jika dilakukan oleh orang tua, sebaiknya dengan pengarahan yang terprogram seorang pendidik anak. Itulah harapan dan tujuan pendidikan di tempat penitipan anak yang penting diadakan.
Kisah sungguhan anakku yang masih 3 tahun, kala pertama memasuki tempat penitipan di satu tempat itulah yang ingin kuberikan kepada anda sebagai cerita ringan yang harap-harap bisa memberi masukan saja.
Hari pertama anak itu dengan senangnya ia tampak sibuk memperhatikan teman-teman seniornya yang asik berlari kesana-kesini dan hiruk-pikuk dengan riangnya. Iapun dimasukkan diantara seniornya agar beradaptasi dan ikut bermain. Ibunya nampak senang dan bertanya kapan saat yang cocok untuk menjemput anaknya kepada pengasuh… .
Belum selesai bicara itu berlangsung,… anak kami telah dikerubuni beramai-ramai dan ternyata dikeroyok dan barang mainan ditangannya dirampas paksa, ia tersungkur ke pasir. Ah… alangkah kaget ibunya… ia cemas dan bangkit untuk menolong sang anak yang lagi menangis tak berdaya.
Pengasuh itupun bangkit tetapi bukan untuk menolong anak kami, tetapi untuk meredakan dan menenangkan Ibu yang kuatiiirrr itu. Sabaaarr sabaar Bu… jangan ditolong… biarkan ia menolong dirinya, biarkan ia melawan seniornya… biarkan ia merampas kembali barang mainannya, karena itu yang kita akan berikan kepadanya disini…, YAITU kemampuan untuk mempertahankan haknya dan membela dirinya.
Hari itu sebagai orang tua, sepanjang jam penitipan hanya ada kegelisahan… dan itu tak dapat lagi dibayangkan karena orang tua sudah pulang dan tinggallah pengasuhan berjalan dengan prosesnya.
ESOK hari, dengan rasa yang lebih dug..dug.. anak itu diantarlah lagi ke penitipan. Kini Ibunya ditahan sebentar oleh Pengasuh… : “lihatlah dulu Bu… lihat anak anda…” . Seperti tak percaya, ternyata anak kami telah Langsung Akrab dengan teman-temannya, kini ia telah mampu melawan dan mendorong sampai jatuh siapa saja yang ingin mengganggunya atau mengambil barang mainan ditangannya. Ibunya tersenyum gembira…
Hari keempat… ternyata ada anak baru masuk !!!. Kini giliran anakku dan teman-temannya yang menjadi penjajah…. Wah… .
Itulah sekelumit satu proses dalam pendidikan dini yang amat penting kita ketahui : MEMBUAT ANAK MEMILIKI KEMAMPUAN MELINDUNGI DIRI DAN MEMPERTAHANKAN HAK, bersosialisasi dan bergembira.
Kini… anak itu telah beranjak DEWASA…bibit-bibit yang telah ditanamkan padanya sejak kecil dapat kita lihat buahnya… . BEGITUKAH KONSEP PENDIDIKAN … dievaluasi ???

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: