DATA BAYI dan BALITA, pilih BPS atau DINKES ???

Setiap program kesehatan yang menyentuh BAYI dan BALITA, data kelompok ini selalu menjadi soal yang saling tarik-menarik. Menariknya adalah : Data penduduk ?? cari di BPS itulah yang sah. Tetapi terTARIKnya adalah … sejak NGEAKAN pertama seorang lahir dari IBUnya, Dinas kesehatan telah mengetahuinya, mencatatnya dan memberinya pelayanan yang kontinu hingga dapat dikontrol kesehatannya. Sementara BPS mendata penduduk dengan sebuah pendekatan statistik dan Kunjungan yang 10 tahun sekali.
Maka terjadilah peristiwa signifikan yang mencolok : Jumlah diimmunisasi lebih banyak dari balita; kelahiran lebih banyak dari Ibu bersalin, kelahiran lebih banyak dari pada yang berumur dst ….
Sungguh diperlukan KESUNGGUHAN.
Ayo dong… siapa mesti apa…. masa begini teruuuuss. Ini mau cari apa ya… KEBENARAN ??? atau .. .

Sekiranya dalam hari ini lahir 10 bayi di Rumah bersalin, cocokkah BPS mengatakan “Menurut hitungan yang akurasinya QUICK COUNT…yang benar hari ini lahir 15 bayi”.  Maka cepat-cepat Ibu Bidan mengambil kembali BULIN kita dari kamarnya dan cepat-cepat merogoh…. siapa tahu masih ada tertinggal 5 lagi bayi di dalam perut. Heheheeeee

6 comments so far

  1. Adrians Kurniawan on

    pertamax…

    tulisan menarik

  2. jojok on

    hahaha… masak nyari data pake quick count pak.. boro2 dinas kesehatan dan BPS, levelnya ketinggian.. data kecamatan sama puskesmas sama pak lurah saja datanya bisa lain kok.. memang masalah kependudukan ini dah lama jadi masalah pak, celakanya selama ini pengembangan2 sistem kependudukkan nya kok keliatan juga kurang serius.. ya itu tadi pak, sepertinya belum ada kesungguhan dari pihak yang terkait.

  3. limpo50 on

    ya… ini urusan kompetensi, masalah cari anggaran, politis, … dssssssst! jangan ribut!

  4. draguscn on

    pengembangan sistemnya saya rasa udah bagus .. saya pernah lihat softwarenya .. menurut saya kalo yang dituntut tampilan yang ada di kecamatan itu .. udah cukup. Masalahnya harus dikembalikan ke level manusianya.
    Anggap saya sekarang melihat jawa timur dengan berkaca di kecamatan saya .. tau ngga ada berapa petugas komputer. 1. ya 1. Jadi kalo komputer pentium 4 dengan UPS karena PLN masih doyan njegleg itu udah top. Begitu petugasnya sakit atau yg lebih parah lagi dapat kerjaan di instansi lain .. bye-bye, sisduk !

  5. draguscn on

    BPS vs DINKES ?
    Kalo Pak Sjahrir ngadu
    Manteri Statistik (Mantis) vs Puskesmas,
    untuk data bayi balita, saya bersedia diadu kesohehannya. saya yakin betul dengan tangan-tangan saya di desa. Ada sedikitnya 5 program yang menuntut kami integral dalam data bayi balita.
    Tapi kalo setingkat kabupaten sedikit penyelewengan tetap aja data sampah yang sampai disana. Saya benar, belum tentu yg lain ngga ngaco. Kalo di tingkat kecamatan sih udah pasti error kalo BPS. Karena yg namanya mantis itu cuma 1 di kecamatan. Inget ngga kenapa data BLT bisa kacau balau .. karena yang ditugaskan bukan mantis semua .. tapi pamong desa. Hasilnya 20% meleset. dan itu meliputi keluarga pamong, keluarga kades, dan kesalahan-kesalahan penilaian lainnya.
    Panjang nih .. satu contoh lagi PKH .. itu juga kacau .. soale terlalu lama. Ibu yg tadinya hamil udah 40% melahirkan. Murid yg tadinya masih di SMP udah lulus dan nda dibantu lagi .. coba apa ngga asyik tuh.
    Tapi kalo data balita, pak mantis juga akhirnya menyerah untuk lihat data puskesmas aja .. soale terpantau .. apalagi kalo simpus KIA om ini udah selesai .. wuiihh lebih enak lagi ..

  6. limpo50 on

    Arti kata PERADUAN lebih menyentuh pada BLOG ya… dari pada TEMPAT BUAT BERADU DI KAMAR TIDUR… hehehee.
    Memang BLOG ini asik buat adu-mengadu bahkan aduk-mengaduk.
    Pak… mungkin ada juga yang pake pencacahan penduduk pake alat ukur yang bisa sambil duduk di bawah pohon ya….
    Mesakkno…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: