Dinkes Sweeping penderita TBC di Palembang ???

Seperti dimuat BLOG http://beritapalembang.wordpress.com/2008/07/29/dinas-kesehatan-sweeping-penderita-tbc/, saya menjadi khawatir dengan apa yang akan dilakukan apakah akan mengobati tuntas ataukah ada unsur batu dan udangnya.
Terus terang ini masa kritis PILKADA, bukan krisis PILKADA , PIL… dan seterusnya sehingga bisa jadi peka. Masalah yang akan timbul jika hal itu dilakukan adalah mestinya Rakyat, yang diwakili DPRnya coba-coba mengawal program ini secara TUNTAS. Hadirkanlah pakar obat sebagai pihak ketiga yang tahu seluk beluk pemberian obat yang sesuai kerasionalannya dilihat secara profesional.
Terlalu banyak contoh Baksos yang tak patut dilakukan untuk masyarakat dimana mereka menyerahkan diri ditangan petugas Baksos dan ternyata merugikan kesehatannya dalam banyak sisi pandangan. Saya kira semua orang TAHU saat kini, bagaimana pengobatan itu mestinya dilakukan hingga tuntas, agar tidak membalik menjadikan penderita itu semakin meningkat kekebalan kumannya karena pengobatan separoh jalan, atau sepersepuluh jalan.
Adakah yang memantau soal ini ???.
Syukur Alhamdulillah…. semoga semua yang dikatakan didalam rencana itu Dapat dilakukan semestinya.
Adakah Propinsi lain yang mau menyusul ???

2 comments so far

  1. draguscn on

    Saya ngga tahu apa yg dilakukan dinkes palembang tentang sweeping itu .. linknya ngga bisa dibuka. Tapi kalo dalam ilmu per-tbparu-an, penemuan penderita itu memang penting banget, pak. Bukan berarti pengobatan ngga penting. Tapi dengan mendapatkan sasaran, kita udah tahu kekeuatan “lawan” ..
    Saya tahu memang ada kasus MDR dan XDR tapi rasanya ngga akan sebanyak yg belum diobati dengan berbagai varian asbab-nya. Karena itu saya rasa penemuan adalah poin terpenting. 10 angka TB Paru yg berkaitan dengan penemuan ada 4.

  2. limpo50 on

    ya… asal jangan buat pil…. pilkada, semoga itu bisa menjadi trik nasional pemberantasan TB ya…
    Ngerti kok Pak. heheheehhee


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: