Dari mana datangnya OBAT PALSU ???

Obat palsu yang beneran dan Pengertian Obat Palsu masih suka kacau diartikan, Tetapi masyarakat bukan memerlukan itu… Kita ini hanya butuh terhindar dari pemakaiannya. Apa yang harus diketahui?
Kategori obat palsu yang karena kadarnya kurang dari standar yang ditetapkan diberi nama obat substandar dapat saja berasal dari Pabrik Resmi yang karena satu kelalaian dalam kontrol memungkinkan substandar itu terjadi. Biasanya dimasa lalu, BPOM kurang tegas dalam memberikan sanksi hukum; tetapi kebanyakan hanya menarik obat itu dari peredaran setelah ketahuan mutunya dari hasil Uji Laboratorium. Jadi bisa dibayangkan betapa panjang waktu edar antara Obat itu dikeluarkan dari pabrik hingga penindakan di lapangan yang memakan waktu untuk menggeledah, mencari dan menginterogasi pedagang yang berusaha sembunyi dari persoalan.
Waktu edar itupun diperpanjang lagi karena adanya birokrasi terpusat, yang mengharuskan produk bermasalah harus diUji Ulang di Jakarta atau kadang-kadang di beberapa Propinsi lain.
Tahukah anda apa yang paling riskan dari kondisi ini ?? Kondisi itu adalah Nomor Kode Produksi suatu obat yang ditemukan substandar adalah TERTENTU (misalkan : DO097645KK), maka kendatipun merek dan namanya sama. nomor kode produksi ini harus juga sama. Jika tidak maka produk itu tidak dikenai pasal substandar… Nah… pengawasan penomoran kode ini mungkin tidak ada, sehingga dapat dijadikan bahan pemalsuan yang paling efektif untuk terjaring dalam pengawasan.
Ditemukannya obat palsu jenis ini dari pengambilan SAMPLE di peredaran juga sering mengalami kendalan tak efisiensi dan tak efektif, karena berkaitan dengan penetapan sample yang tidak dilakukan berdasarkan metode penyelidikan yang baik. (mungkin hal ini sampai kini masih begitu-begitu juga) Maka ditemukannya obat substandar dapat dimasukkan dalam kategori kebetulan.
Soal metode ini, Patut menjadi perhatian karena jika tidak dilakukan secara tepat, maka habislah anggaran SAMPLING dan PENGUJIAN untuk hal-hal yang dilakukan asal-asalan. Disisi lain jumlah jenis obat paten dan bahan baku yang beredar demikian banyaknya, membuat pengawasan tentang Mutu Obat di peredaran memerlukan orang yang punya spesifikasi dan dedikasi yang baik.
Wahhhh…. soal ini memang panjang, dan harus dibahasakan dengan detail karena sedikit saja melenceng, Maka tak ada arti pengawasan untuk menghadapi akal-akalan mereka yang membuat Obat Palsu.

Nantikan lanjutannya… masih panjaaaang

3 comments so far

  1. asuna17 on

    Artikel anda di

    http://obat2-an.infogue.com/dari_mana_datangnya_obat_palsu_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

  2. limpo50 on

    terima kasih, asuna17 untuk perhatian anda

  3. pengertian obat on

    nice artikel…
    thanks ya atas infonya….
    sangat bermanfaat…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: