Konon MESIN KETIK Lontara masih tersimpan di Negeri BELANDA

Mesin ketik untuk bahasa Bugis Makassar, konon masih tersimpan rapih di Museum Leiden di Negeri Belanda. Bagaimana upaya Pemerintah Indonesia untuk mengajak Belanda memproduksi kembali mesin ketik itu dan menjadikannya salah satu bagian dari materi pendidikan kita di Indonesia ??
Upaya ini mungkin hanya akan ada pada Pemerintah kita kalau didorong oleh wacana masyarakat dan organisasi yang prihatin serta memperhatikan nilai budaya Indonesia yang patut mendapat perhatian.
Buku-buku dengan cetakan huruf LONTARA, mungkin masih tersimpan disekolah-sekolah lama, atau diperpustakaan Lama, tetapi betapa berharganya Bahasa dalam pandangan penjajah di zaman dahulu menunjukkan kita masih lebih sedikit berminat mengangkat budaya sendiri dalam praktek. Budaya kini lebih diterjemahkan pada seni, tari tapi tidak dalam kerangka pendidikan.
Apakah ini sebuah bukti bahwa Bangsa Indonesia tak diharapkan MAJU ???

2 comments so far

  1. Yogia on

    saya org dr Malaysia, bersuku Bugis. Mesin ketik ini typewriter bukan? Hmm.. mengapa kita masih perlukannya sedangkan sekarang sudah ada teknologi moden iaitu komputer. Dengan ilmu tentang programming, sebuah input method boleh dicipta untuk lontara. Setahu saya, BlankOn, sebuah OS berasaskan Ubuntu telah dicipta oleh rakyat indonesia yang mesra rakyat indonesia. Setakat ini, lontara sudah dimasukkan ke Unicode, thanks to Indonesian. Dan beberapa font yang menyokong lontara telahpun dibuat. Ada yang percuma dan ada yang berbayar. anda cuma perlu Google.

  2. limpo50 on

    Heee… sebuah piring tua yang pecah,kotor dan terserak di tanah…. mungkin dapat menyingkap masa lalu yang bersejarah bukan ?
    Salam


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: