Menduga BAKAT ANAK dari kesukaannya ?

Minat anak terhadap sesuatu dapat nampak sejak kecil, tetapi saya ragu kalau itu mencerminkan bakatnya. Kenapa ?
Lingkungan anak adalah tempatnya menuangkan waktunya sesuai apa fasilitas yang ada, tetapi bukanlah harga mati bahwa kita akan serta merta akan melihat bakatnya dari hal itu. Bahkan kita akan cenderung melakukan ketersesatan mengamati jikalau ULAH kita yang suka memberikan mainan dan menCAP seakan kita telah menemukan BAKATnya.
Bakat anak akan nampak ketika ia diperhadapkan pada sesuatu yang bukan sekedar mainan. Diantara apa yang ia paling senangi bahkan akan nampak dimana ia memiliki potensi tertinggi. (sekali lagi hati-hati, kita bisa keseleo menebak, karena kitanyalah yang suka memberinya hawa lingkungan yang bisa jadi membentuknya). Seberapa jauh kita memberinya dungungan memfasilitasi malah akan lebih banyak menyalurkannya terarah pada apa yang diberikan.
Diperlukan test bakat yang menggunakan Metode yang baik untuk mengetahui BAKAT anak, tetapi apakah kita akan bersedia mendorongnya ke situ ??? siapa tahu kita pun masih berdebat dengan diri sendiri tentang hal ini.
Memang orang tualah yang banyak menentukan anak akan kemana… bakat … biarkah akan berkembang dalam dirinya, kemana potensi dan fasilitasnya akan membawa.

3 comments so far

  1. TEGUH SUNARYO on

    Saya sangat sepakat dengan artikel ini. Memang kebanyakan kita salah mengartikan apa itu bakat dan apa itu minat. Tidak jarang kesukaan anak (mainan) dikira minat, dan tidak jarang minat seseorang dikira bakat. Minat lebih pada suatu kecenderungan hasil interaksi antar sesama atau akumulasi hasil suatu kontruksi sosial (pengaruh lingkungan)sedangkan bakat lebih bersifat inherent (genetik). Nah selama ini yang ada adalah tes minat dan tes kemampuan bukan tes bakat. bakat tidak bisa di tes tetapi bisa di deteksi(tes dan deteksi beda lho?). Nah bagi anda yang ingin mendeteksi bakat anak anda atau bakat anda sendiri silahkan lihat:www.dmiprimagama.com atau email ke saya Teguh Sunaryo: teguh@dmiprimagama.com DMI Primagama mendapatkan lisensi satu satunya untuk indonesia dari Brainy Lab PTE.LTD dari Comcare Groop Singapore. terimakasih semoga bermanfaat

  2. TEGUH SUNARYO on

    lihat website tentang bakat di: http://www.dmiprimagam.com atau email ke saya Teguh Sunaryo di: teguh@dmiprimagama.com terimakasih

  3. sunartombs on

    saya juga setuju dengan pendapat tersebut. Justru dengan banyaknya variabel yang menentukan bakat anak tersebut menjadikan saya bingung juga menduga/ menebak bakat anak-anak saya sendiri. saya berusaha mencari instrumen yang tepat untuk mengetahui sejak dini akan bakat anak, namun belum aku ketemukan. barang kali ada di antara kita yang mengetahuinya? mohon saya dikasih informasinya


Leave a Reply

