Orang INDONESIA suka MELANGGAR???

Berita di TV tentang kebiasaan orang Indonesia melanggar aturan, suka membuat kita geleng-geleng kepala sambil tersenyum. Betapa tidak, nampaknya fenomena pelanggaran aturan memang kadang mengandung kelucuan dan menggelitik disamping adanya unsur kreative dan inovatif di dalamnya.
Gambaran ini jika dilihat dengan metode terbalik, nampaknya memperlihatkan bahwa konsep dasar pembuatan aturan justru menjadi masalahnya. Mengapa ??
Bukankah aturan itu mestinya dibuat atas dasar kebutuhan ?
Jadi kebutuhanlah yang harus dideteksi terlebih dahulu dan memfasilitasinya agar kebutuhan itu disodori solusi untuk memudahkannya, mempercepatnya, sehingga mengandung unsur aman, murah, cepat, terlindung, dan diistimewakan.
Tetapi apa kenyataan ??
Aturan-aturan yang kebanyakan dilanggar adalah aturan yang asaz pembuatannya tidak memperhatikan unsur-unsur diatas.
Aturan-aturan itu banyak yang dibuat dibalik meja, merupakan kamuflase dari sebuah kepentingan lain, atau orientasi pada proyek dan … begitu banyak unsur-unsur lain yang memang cenderung terlihat di mata dan di hati dan di pikiran atau perasaan …. ah… dst..dst.
Maka jangan heran… namanya manusia, punya otak dan perasaan… maka tindakannya mencerminkan reaksinya terhadap ada yang ada di hadapannya. Dan jangan heran, kalau aturan tidak bisa mengatur, sebab itu adalah indikasi adanya KESALAHAN dalam konten ATURAN.

2 comments so far

  1. dwinanto on

    Permasalahan utama adalah peraturan itu dibuat oleh manusia, sehingga sesama manusia tidak merasakan kelebihan dari aturan itu dan akhirnya esensi aturan itu pun hilang,.

    Salam kenal ya,.

  2. limpo50 on

    Itu benar, tapi KOK ya… di negeri SONO bisa OK..OK kenapa ya…
    Ya… salam kenal balik.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: