sepenting apa 10 BESAR PENYAKIT ?

Inilah sepuluh BESAR penyakit di wilayah kerja kita, di Kabupaten, di Propinsi dan seterusnya… Pentingnya 10 besar penyakit tentulah tidak menjadi ada artinya tanpa melihat apa makna, tujuan, harapan dan berbagai motif dibalik penyajian itu.
Sepuluh besar itu mungkin diharapkan untuk menyajikan sebuah garis bawah yang sesungguhnya akan menyeret urutan ke-11 dan seterusnya dalam sebuah penyajian.
Pada penyajian LB1, katakanlah demikian, 10 besar ini bukanlah harga mati yang sebatas mengurut secara besaran penyakit tanpa kata embel lagi. 10 besar itu dapat saja ditujukan bagi kepentingan data penyakit yang menyerang ibu-ibu muda dalam range umur yang dikehendaki; atau mungkin dari kelompok itu tetapi lebih khusus lagi pada mereka yang berdarah “O”.
10 BESAR dapat saja dimaksudkan untuk penderita “infeksi Saluran pernafasan bag. atas”.
Entah apa yang menjadi masalah, 10 besar tidak terdefinisi secara cermat pada berbagai penyajian. Maka jadilah 10 besar yang sama tapi tak serupa.

1 comment so far

  1. lena on

    DATA 10 besar penyakit itu sangat penting. Sebenarnya, kalau mau kita kaji lebih lanjut, semua perencanaan sarana dan prasarana kesehatan serta bantuan kesehatan didapatkan dari data tersebut.Dengan harapan mampu mengurangi atau mungkin malah bisa mencegah penyakit yang dimaksudkan. Yang jadi masalah sekarang, apakah data tersebut representatif, sesuai dengan fakta dilapangan..? Dan apa benar penyakit yang dimaksud masuk kategori tersebut ?Itu yang kita ragukan. Ditambah lagi, pelaporan yang masih simpang siur,itu PE ER buat kita bersama untuk membenahinya. :>.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: