apa maksud OBAT SUBSTANDARD ?

Ini mungkin kata yang bikin bingung kita sebagian, tapi jangan susah… karena arti kata ini adalah obat ini tidak cukup kadarnya seperti apa yang dikatakan pada etiketnya. Jadi contoh : Kapsul SD 250 mg, kalau substandar berarti kadar SDnya dibawah batas yang diperkenankan oleh standard yang ada. Kalau standardnya mengatakan :”paling sedikit mengandung 245 mg dan paling banyak 255 mg, maka hanya memenuhi syarat dalam range itu. Lebih tak boleh, kurang juga tidak boleh (sekali lagi : lihat standardnya: ini ada macam-macam, ada farmakope Indonesia, Inggris, Jerman dst..dst)
Obat ini bisa saja dibuat oleh pabrik aslinya, hanya mungkin terjadi kurang merata cara mencampurnya, atau memang salah hitung dalam campuran besarnya atau memang ada yang nakal, sengaja mengurangi kadar bahan aktifnya. Tapi jangan dikira, obat palsu didefinisikan selain benar-benar palsu, juga berlaku pada substandar yang kelewatan.
Barang begini berbahaya sekali, karena kita tak sembuh-sembuh. Biasanya untuk mengelabui LABORATORIUM yang hanya memeriksa setengah-setengah; hanya memeriksa ada kandungan SD, tapi tam memeriksa berapa kadarnya. Nah….
Biasanya praktek obat yang begini disertai ( ah… susah saya menjelaskan sebab nanti malah jadi panduan… maaf, maaf batal).
Tapi pokoknya dibanding standard kadarnya kurang … itulah SUBSTANDARD. HEHEEEE ini jawaban atas pertanyaan yang masuk ke BLOG kami.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: