BERUDU kemana MENCARImu dulu

Melakukan penelitian tentu sangat mengasyikkan bagi setiap orang. Satu saat penelitian UJI kasiat sesuatu obat penting sekali dilakukan, waktunya mendesak, tetapi saatnya tidak PAS. Mengapa ?? saat itu adalah puncak musim kemarau yang panjaaaang. Tak ada air tergenang dimana-mana, tak ada suara kodok di malam hari, tak ada tanda-tanda akan turun hujan, tak ada pengalaman kemana bisa mencarinya.
HAri-hari berlalu… penelitian ini pasti mundur, atau GAGAL… kuncinya ada pada BERUDU. Kemana mencarinya ????
Inikah namanya ILHAM ?, saya dan rekan pergi ke luar kota… saya menjanjikan : “Rasanya ada di satu tempat”. Berangkatlah kami ke tempat yang ANEH… mengapa ?? saya mengajak pergi ke GUNUNG. Inilah perjalanan kontroversial yang nekat-nekatan, tapi itu dia… hatiku yakin…yakin.
Karena ini perjalanan lucu, mencari BERUDU di GUNUNG, maka sepanjang perlajanan hanya ada tawa dan ria mengisi perlajanan. Kami tertawa terbahak-bahak bagai mencari seorang hilang… .
Tahukah anda ? saya menghentikan kendaraan dan langsung berlari menuruni kelokan anak sungai… Kontan saja seisi mobil ikut berlarian ikut dari belakang….
TERNYATA… perjalanan, perjuangan tak sia-sia… Di sungai yang tak banyak airnya itu HIDUP banyak sekali berudu yang seumur dan berbagai umur… BANYAK…BANYAK.
Maka tawa ria… bertambah menjadi tawa riang, anak-anakku ikut menangkap dan pulang langsung balik MEMBATALKAN rencana menginap demi BERUDU.
Lepas penelitian… beberapa bulan yang dilakukan … HUJANpun turun. Di seputar rumah, SORAK SORAI KODOK tak henti-hentinya bersahut-sahutan.
TERNYATA semua berudu telah dilepas kembali ke alam… semuanya telah dewasa menjadi KODOK yang punya banyak amal. SUARA KODOK benar-benar MERDU… dan KAMI hanya ikutan tertawa bahagia… diantara GAUNG-RAUNG KODOK sang pejuang.
BERUDU… suaramu MERDU…MERDU.
ssttt. Tetangga tak ada yang tahu.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: