KALA saya tak bisa MENOLONG

Ini hanya pengalamanku yang pernah terjadi. Saya tinggalnya saat itu di perumahan yang masih baru… rumah-rumah dengan penghuni keluarga baru… tapi perumahan itu cukup luas, banyak rumah di dalamnya. Sedang saya bersantai di minggu hari … seorang tetangga (Ibu rumah tangga) yang tak jauh tinggalnya, datang membawa sayur PETE yang masih panas-panas. Nampaknya enak walau tak pernah melihat atau merasakan masakan kayak itu sebelumnya. Cerita berlangsung biasa-biasa saja hingga tamu itu pulang. Sayapun berbegas menyantap dengan lahapnya.
Satu minggu kemudian tepat dihari minggu juga, Ibu itu datang lagi, cerita lagi, dan SAYURpun lagi.
Minggu ketiga datang lagi… dan lagi-lagi SAYUR itu…, CERITA lagi-lagi, tapi saya mulai bertanya DALAM HATI “apa ya…. tetangga ini mungkin keperluannya”. Tapi tak saya sempat bertanya, Tiba-tiba Ibu itu berpindah duduk dari kursinya… ia turun duduk di lantai, bagai anak yang takut pada NENEKnya.
Ibu itupun mulai menyatakan maksudnya.
MAAF ya Pak. Saya ini datang sebenarnya dari hari pertama selalu mau bertanya tetapi sulit saya memulai. “Apa, ya… BU, kataku”
Tolonglah Pak… beri saya MANTRA-MANTRA (makassar: BACA-BACA), agar pencuri dan perampok itu bisa menjauh dari kami. Kami tak bisa tidur … setiap malam selalu ada yang berdiri di depan pintu.
Tolong…tolonglah… Pasti Bapak punya BACA-BACAnya, karena hanya rumah ini saja yang tak pernah dimasuki orang-orang itu, Kata Ibu itu memohon.
Terpaksalah saya berterus terang, bahwa saya tak punya APA-APA, BACA-BACA, MANTRA-MANTRA, bahkan barang berharga yang bisa diambil. Kataku lagi :”Ibu bersahaja saja setiap keluar rumah, tak usah memakai segala perhiasan EMAS dan yang mengundang” (di Makassar masih ada sebagian orang yang suka bepergian dan selalu lengkap perhiasannya bergelantungan di lengan dan lehernya, dan ini banyak jumlahnya).
Ibu itu akhirnya mengerti… ia kembali ke rumahnya, SAYUR dibalas dengan NASEHAT.
Hanya itu yang dapat saya lakukan.

Sayapun tak mengerti mengapa satu-satunya rumah yang tidak pernah dijamah (MANUSIA MALAM itu)adalah rumah kami hingga kami pindah.

2 comments so far

  1. kucingkeren on

    wah.. mungkin manusia malam nya mungkin gak suka sayur PETE… btw apa itu sayur PETE (jd penasaran…mungkin cocok untuk buka puasa?)

  2. buebue on

    halo, saya ingin donk masukin webku ke link kamu, saya juga ingin menyampaikan betapa pentingnya asuransi itu, jika anda dan pengunjung ini tertarik, anda dapat hub kami via website. untuk adminnya, saya minta tolong untuk posting web kami, karena saat ini banyak orang tidak mengerti dan sadar akan pentingnya asuransi, jika tertarik bisa kunjungi web kami di asuransi.wordpress.com mohon admin perbolehkan reply saya ini di post di web ini, terima kasih


Leave a Reply

