MANDIRI siapa suka ?

Seorang ibu pernah menceritakan betapa ia ingin anaknya mandiri. Ia resah mengapa anak-anaknya tak mau mencari sendiri di perpustakaan di rumah, atau di mana saja bahan bacaan yang ia perlukan. Maka berusahalah ia dengan memberi wejangan, nasehat, contoh dan teknik agar anak-anaknya bisa mampu bermandiri. Apa yang terjadi kemudian adalah Sang Ibu tercapai maksudnya… Anak-anaknya kini mandiri dan Ia bisa terlepas untuk menjadi mesin penjawab seperti selama ini.
Waktu berjalan… anak-anak beranjak remaja… dan mulai masuk pintu dewasa.
Kini sang Ibu datang lagi… menceritakan… betapa sunyinya..tinggal di rumah , katanya.
Anak-anak itu ada lengkap di rumah, tetapi mereka terlalu tekun membaca, belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya… SENYAP bagaikan di perpustakaan UMUM.
Kini sang ibu membutuhkan sosialisasi anaknya. Tapi anak telah MANDIRI… ia mencari sendiri jawaban masalah hidupnya dari buku-buku. Apapun ia cari ke buku. Anak tetap di rumah, tapi SUNYI…SUNYI… itu meresahkan sang ibu.
Kata sang ibu :”Mestinya jangan TER…jangan terlalu mandiri…”. Tapi anak tak peduli, ia menemukan jalan pada apa yang pernah ditunjukinya.
Semoga berarti bagi kita semua.

2 comments so far

  1. wastu on

    Luar biasa, saya jadi ingat ibu, bapak saya yang sekarang jauh. Karena anaknya telah mandiri, beliau pun jadi sendiri lagi. Setragis inikah cerita kemandirian?

  2. limpo50 on

    Do’a orang tua dan restu pada anaknya adalah satu kewajibannya, hanya saja rasa rindu dan sayangnya menjadikan dua soal yang terasa merasuk ke hati sanubarinya, saat ini.
    Mengingatnya, bagai sujud dalam dekapnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: