naik ANGKUTAN UMUM suka ?

Bepergian ke luar kota dengan MOBIL UMUM, katanya telah diatur oleh instansi terkait-kait entah berapa yang terkait. Umur kaitan juga telah lama, aturannya banyak, petugasnya banyak, anggarannya banyak, maunya banyak, yang mengharap juga BANYAK. Tetapi … begitu lamanya keadaan ini berlangsung… kemerdekaan yang disambut tiap tahun dengan HURA-HURA, tak nampak sama sekali ketika kita NAIK KENDARAAN UMUM keluar kota, antar-kota.
Di dalam Mobil yang muatannya hanya layak untuk 7 orang, suka diisi dengan muatan yang lebih..lebih banyak. Di dalam mobil yang kecil itu, dimuat juga apa saja tanpa syarat. MAU APA BISA.
Maka jadilah penumpang yang namanya manusia itu diperlakukan tidak manusiawi….
di bawah kakinya dimuat kelapa sehingga kaki harus diangkat setinggi kelapa, jika masih ada ruang di depannya dimuati lagi dengan barang sehingga badan tak bisa lagi rileks, kursi yang kapasitas isinya 3 diisi 4-5 orang dan … yang tak kalah serunya dimuat pula binatang seperti ayam dsb.
Inilah wajah HASIL PENERTIBAN KITA… yang disoal adalah biaya, pajak, tetapi tak pernah ada PEMERIKSAAN DI JALAN padahal sepanjang jalan banyak terlihat POLISI berjaga, petugas LLAJR berjaga, bahkan naik motor GEDE dengan tampang PERKASA, yang diperiksa hanya SIM dan STNK. tak mau PEDULI seperti apa mobil umum itu dimuati.
USULKU :
Periksa DONG … bagaimana nasib penumpang. Kalau melewati batas TINDAKI di tempat.
Tak Usah periksa macam-macam, nanti ujung-ujungnya… DO IT.
Bukan begitu pak polisi ? eh pak KOMANDAN ?

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: