OBAT GRATIS begitukah ?

Mencapai tujuan pembangunan kesehatan yang merata, berkualitas melalui pelayanan yang rasional, membuat begitu banyak langkah dan janji OBAT GRATIS, entah karena kondisi Pilkada ataupun Pemilu tak tahulah kita. Tetapi pengobatan gratis yang kini marak nampaknya berorientasi pada urusan bebas bayar atau keringanan pembayaran saja, dan beresiko pada pemberian obat yang rasional (yang diantaranya menuntut mutu obat, kualitas pelayanan) dimana pasien akan mendapatkan konsekuensi terhadap proses penyembuhannya.
Kalau pengobatan gratis ini, akan memberi pembedaan pada obat yang akan diberikan artinya obat bagi sikaya akan berbeda dengan obat bagi simiskin, maka tujuan pembangunan kesehatan yang diharapkan akan menjadi sebatas politisasi dan bukan didasari oleh keikhlasan untuk pengobatan bermutu yang menjunjung tinggi persamaan nilai kemanusiaan.
Berilah pelayanan yang bermutu sama, obat yang bermutu sama, agar makna Obat Gratis itu benar-benar hanya berbeda dari harganya saja.
Kebiasaan menggratiskan selain membuat sekat dan tingkatan sosial di masyarakat, juga akan memberi dampak yang sangat jelek terhadap sikap ingin bebas dari semua hal yang dihadapi.
Maka soal ini akan mendidik kita berbeda prinsip dan menciptakan jurang pemisah di masyarakat.

2 comments so far

  1. draguscn on

    Di Batam dan Banyuwangi terbukti berhasil pak.
    Kampanye pake isu kesehatan yang sukses dimulai oleh perdana menteri Inggris .. sekarang banyak bupati walikota kita jadi ikutan latah ..

  2. limpo50 on

    Mungkin disinilah gunanya turis itu ya Pak Agus, pokoknya tamu bisa membuat kita berdiri.
    Memang ternyata banyak jalur ke ROMA.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: