MakananBerkode Registrasi “MD” Aman Dikonsumsi ???

Kode MD pada makanan yang dikeluarkan pemerintah (Badan POM), adalah tanda registerasi saja. Hal itu menandakan bahwa Pabrik Makanan Dalam Negeri yang memproduksi Makanan tersebut telah memenuhi kewajibannya mengisi form-form yang diberikan kepadanya, mencantumkan bahan-bahan yang dipakai dalam pembuatan makanan, mencantumkan cara pengolahannya (pada form bukan pada ETIKET), dan bahan-bahan baku yang digunakan juga telah diberikan kepada Badan POM untuk diketahui secara jelas. Bahkan contoh produk jadipun diberikan dan semua material/ bahan-bahan makanan ini untuk tujuan pemeriksaan laboratorium dan juga sebagai sample bukti sebagaimana diurai pada form dan ETIKET makanan jadi (PRODUK jadi).
Dengan pemenuhan persyaratan ini, dan persayaratan fisik pabrik, administrasi dan perizinan lainnya, pabrik makanan diizinkan untuk beroperasi, dan diberilah kode MD pada setiap item/jenis produknya dari berbagai kemasan dan bobotnya.
Kenyataan dilapangan apakah pabrik kemudian akan memproduksi menyimpang dari apa yang telah diserahkan kepada Badan POM adalah hal lain… Yang mungkin sekali terjadi perobahan, penambahan, pengurangan, baik pada rancangan etiket, komposisi, brosur, kemasan, dll.
Ketidak cocokan itulah penyimpangan… dan kode MD hanyalah berarti sebatas hal diatas itu. KOde MD bukanlah jaminan mutu bahwa makanan aman dikonsumsi.
Masyarakat luas perlu mendapatkan kejelasan ini, jangan sampai mengira bahwa kode MD(Untuk makanan Dalam Negeri), ML (untuk makanan Import) dan kode-kode lainnya yang menyangkut obat, jamu, kosmetik, alat kesehatan dan kesemuanya itu adalah jaminan keamanan mutu yang mutlak.
TIDAKLAH…..BEGITU.
Bahkan jika saja satu produk katakan berkode MD.123456789 ditemukan mengandung bahan pengawet yang berbahaya, maka secara yuridis formal, yang dikenakan masalah tersebut hanya pada label makanan dengan KODE PRODUKSI tertentu saja (katakan : Kode produksi: bp-88776)
Apa arti kode produksi itu ??? itu memberi tanda bahwa semua produksi kode bp-88776 adalah satu adonan. Jadi adonan lain tidak terkena masalah …. .
Pemberitaan di koran dan media lainnya, yang menyesatkan masalah berakibat seluruh MD.123456789 itu dianggap sama semuanya.
Jadi tak ngeh kalau menkes mengatakan “Susu Berkode Registrasi “MD” Aman Dikonsumsi”, seperti ditampilkan pada SITUS RESMI DEPKES yang dapat dilihat hingga hari ini (17 Okkober 2008).
Kok Bisa-bisanya Depkes mengeluarkan STATEMEN INI.
Ada tanggapan anda ???

4 comments so far

  1. nurrosyidah on

    wah, kalo ngga kebetulan buka blog ini, entah sampai kapan saya ngga akan tahu maksudnya MD. Tapi secara garis besar, saya udah agak lama menganggap Bu Menkes sering kurang cerdas dalam pernyataan-pernyataan yang dibuatnya (Maaf bu…). Misalnya dulu pas karya tulisnya mau dijadikan bukti di persidangan (masalah apa ya, saya agak lupa), beliau mengelak dengan cara yang tidak indah. Terus pas gosip susu bakteri, hal yang sama terulang. Belum lagi saat ada kasus kematian suspek flu burung. Belum lagi hasil lab keluar, si ibu udah bikin pernyataan bukan flu burung.

    Sebaiknya Bu Menkes belajar lebih banyak cara diplomatis menghindari masalah. Hehehe. (Lha, kok malah protes ke Menkes. Ini kan blognya Pak Limpo).

  2. limpo50 on

    maka kalo ada DOR to DOR ke rumah anda, menawarkan kosmetik Import, periksalah… kalao CD maka pasti Kosmetika dalam negeri… lawannya ya CL.
    Tapi… mau CL atawa CD, mau MD atawa MD hal itu bisa saja mungkin penipuan.. Nomor Registerasi Asal-Asalan. Khan membuat etiket itu mudah… semudah mencetak ya..cetakan.
    Cara ini dipakai banyak orang menjual ABATE palsu, dan begitu banyak kemungkinan menipu di masyarakat.
    Hati-hati…

  3. jojok on

    wah terima kasih sekali untuk ilmu baru nya pak..🙂 saya juga baru ngeh bedanya MD dan ML hehe.. maklum selama ini info nya juga dari koran2 saja dan berita di tipi, tanpa ada penjelasan serinci pak syahrir..

    tentang bu Menteri.. no comment…cuma inget kasus tempe bongkrek magelang dulu hehe..

  4. che11 on

    waduh…lengkap dan detail sekali…

    pengennya tulisan bapak di baca oleh banyak orang. Sehingga mereka dan banyak orang tahu apa maksud MD dan kode produksi…Andau banyak orang telah paham..tentu statement depkes gak sembarangan di terbitkan…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: