BENARKAH ?

Obat tradisional, kira-kira didefinisikan sebagai obat alam yang berasal dari pemakaian di masyarakat dan belum ada pembuktiannya seperti fitofarmaka. Di kampung saya, Ujung BERAS yang besarnya kira-kira seper-tujuh (hehee) ukuran butir beras itu, suka dikumpulkan secara sengaja untuk dibuat bubur.
Konon bubur ini, bisa membuat semangat pada badan… Maka saat kecil dahulu … kami suka diberi bubur itu. Jika juga terlalu banyak airnya pada saat dimasak, maka cairan kental BAK SUSU itupun akan menjadi asik sebagai minuman panas-panas yang enak dinikmati.
Rasanya yang unik dari bubur(kalau dibuat bubur) atau minuman(kalau berbentuk cair) ini, adalah bahwa bagian beras yang dipakai adalah yang dikepalanya. Jadi bukan bagian beras yang lainnya.
Di Makassar, bubur itu disebut “Je’ne’ Uring tajammeng”, yang artinya kira-kira secara bebas adalah “tak ada matinya” (kok persis kartu HP anu… itu.. yang tak ada mati-matinya). Tapi yang tak ada mati-matinya itu… apaaaaa……
Saya yakin ada juga hal ini ditempat lain.
Saya kuatir ada benarnya… Siapa suka COBA ???

3 comments so far

  1. bapakethufail on

    benar…. saya pernah mengalami tapi…. karena waktu itu orang tuaku cuma punya beras sedikit sementara anak banyak…. dimasaklah itu beras dengan banyak air….>>>> bubur dengan tujuan bisa untuk semua anak2nya…..
    hik hik hik….

  2. draguscn on

    di tempat saya dulu ptt, air tajin (istilah sana untuk air ‘susu’ tadi itu) malah digunakan untuk menggantikan susu .. wallahu’alam ..

  3. sjahrir on

    Tuh dia… air TAJIN. benar sekali. Mas Agus. selain khasiat susu, rasanya tak kalah yaa…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: