siapa KENAPA ?

Jika kita melirik sejenak apa yang terjadi di dunia pendidikan tinggi, mungkin ada soal KACAU yang mirip kacaunya sebuah CERITA KELUARGA yang ada dibawah ini. Pandanglah ke sebuah perguruan tinggi negeri yang DOSEN-DOSENnya juga mengajar di Universitas swasta. Mungkin asalnya disana ia mendapat tips yang cukup tinggi untuk mengajar paroh-waktu.
Menembak DOSEN dengan cara ini, cukup membuat sebuah PT swasta dipandang pantas memiliki kualitas, karena hadirnya dosen paruh-waktu itu sebagai penambah deretan dosen sehingga mahasiswapun tak perlu pikir panjang untuk masuk PT swasta itu.
Diantara fenomena ini, dosen paruh-waktu itu ada yang diangkat menjadi Ketua Jurusan, Dekan, hingga REKTOR. (nampaknya KOPERTIS tak suka memasukkan peristiwa ini dalam koridor KOORDINATOR yang dimilikinya)
Anehnya ada juga masalah lain karena PTN yang menjadi asal dosen paruh waktu itu statusnya hanya JURUSAN saja, dan sulit bagi jurusan ini untuk naik peringkat menjadi fakultas karena persyaratan ketat atau ketentuan lain yang mengikat.
TETAPI(1)… PTS yang menjadi tempat kerja paroh waktu itu… oleh yang punya GAWE, bisa menjadikannya lain…. kenapa???? di PTS itu, dosen paroh-waktu itu berada pada institusi dengan Grade yang lebih tinggi. Di PTN ia dosen jurusan X, tapi PTS ia adalah ketua jurusan X, atau lebih tinggi lagi ia adalah DEKAN pada Fakultas X, tetapi malah ada yang menjadi REKTOR Sekolah Tinggi Ilmu X.
Tetapi(2)… PTS ini katanya berada dibawah binaan PTN itu.
Tetapi(3)… Tak banyak yang tahu resmi-takresmi nya kejadian ini.
Tetapi(4)… Inilah kondisi yang marak akhir-akhir ini.
Tembak-menembak tenaga pengajar ini, telah membuat kekacauan, tatkala hubungan jabatan dan institusi diperbincangkan orang.
Kok bisa, jurusan X di PTN membina Sekolah Tinggi X di PTS atau membina Fakultas X di PTS ??? Khan mestinya yang tinggi membina yang rendah… Apa bisa dibalik ???
Kok bisa, kelangkaan dosen di PTN berbarengan dengan keluarnya pada dosen PTN mengajar di PTS???
Kok bisa, izin tak izin bukan soal ???
KOPTERTIS dan DIKTI itu ngapain ya…
Begitu mata orang melihat dari luar !!, begitu kata orang ngomong diluar ??
siapa mau komentar !

1 comment so far

  1. kucingkeren on

    saya sering bertemu dosen yang selalu terburu2 menuju ruang mengajarnya… apakah dosen seperti itu mampu menularkan ilmu terbaik buat para mahasiswanya? sepertinya lembaga pendidikan harus lebih memperhatikan ongkos mengajar bagi para dosen, biar mereka tak terengah-engah mencari tambahan…😦


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: