aksi yang MELANGGAR ??

Kota ini penuh nuansa PILKADA, berupa spanduk, baliho dan sebagainya. Hari hari yang penuh pesta demokrasi ini selalu ditandai keramaian gambar yang bagi sebagian anggota masyarakat dinilai membuat kota ini KOTOR dan tak sedap dipandang mata. Protes dan kritik melalui radio swasta juga tak henti-hentinya terdengar dan diperdebatkan. Tetapi apakah ini tanda sebuah kemajuan atau tanda sebuah kondisi yang dikehendaki ???.
Marilah kita lihat, hari ini adalah sehari setelah batas akhir pemasangan rambu PILKADA itu. Kenyataannya adalah tak banyak perobahan terjadi di dalam kota… Hampir semua ruas jalan dan perempatan masih terpasang spanduk dan baliho-baliho itu. Tak ada artinya aturan itu dibuat sebagai rambu pilkada seperti semua peristiwa PILkada sebelumnya.
Nampaknya pelanggaran adalah cara terbaik untuk meraih kemenangan, karena pihak yang berkompeten mengawasi tak punya tindakan yang berarti. Maka jadilah pelanggaran itu bagian yang menyemarakkan suasana.
Benar juga sebagian orang yang selalu mengatakan ATURAN dibuat untuk DILANGGAR. Suka tidak suka, tak satupun pelanggar itu yang terkena sanksi seperti DIDISKUALIFIKASI dalam Pilkada, jadi … 1. buat apa ya… aturan,
2. buat apa ada pengawas,
3. buat apa mengeluarkan biaya pengawasan dan sidang-sidang untuk membahas itu semua.
4. Mereka yang yang tak dipanggil/diundang untuk pencoblos, harus meyakini saja bahwa peristiwa kecurangan dalam soal keterlibatan masyarakat mengikuti PIL… ini, harus bagaimana… ya.. DIAM saja.
5. Pokoknya tak ada perbaikan dan perobahan dalam pengelolaan PILKADA.
Jadi ???
ya… mungkin ini dianggap bukan pelanggaran. Hanya pesta mendidik rakyat bagaimana berdemokrasi.
Maka inilah tampang DEMOKRASI kita.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: