MUI membiarkan Pemerintah (?), rakyat (?)

MUI nampaknya membiarkan pemerintah untuk mengeluarkan izin kepada pabrik rokok (haram) itu untuk menyetor pajak (pajak HARAM?) yang dapat digunakan oleh Departemen menjalankan programnya (termasuk Dep.Agama).
Rakyatpun dibiarkan bekerja di pabrik rokok (pabrik HARAM ?) oleh MUI tanpa memberi fatwa kepada pemerintah.
Siapa yang bilang rokok itu HARAM ?
Siapakah yang berhak menyatakan HARAM ?
Selain rokok apalagi yang dianggap HARAM (haram baru) oleh MUI ?
Haramkah Ilegal Logging ?? mana fatwanya ?

10 comments so far

  1. dwinanto on

    Kredibilitas MUI juga masih dipertanyakan soal fatwa ini,.

  2. sjahrir on

    yah, memang begitu… MAs. benar-benar dipertanyakan.

  3. Fahrisal Akbar on

    Jadi inget ama lagu Rhoma Irama aja….Mengapa Eh Mengapa, ROKOK itu haram????Karena Eh Karena….gak tahu dech….😀

  4. harikuhariini on

    bingung yah, disatu sisi rokok penyebab kematian, tp di sisi lain rokok salah satu sumber penghidupan banyak org. Jd gimana dunks sebaiknya?

  5. sjahrir on

    pokoknya katenye sih : jadi impoten, gugur kandungan, ya… lha kok diberi izin. Memangnya pemerintah melegalkan praktek itu demi gaji buat menghidupi keluarga ???
    ini soal bikin pusing siapa mau jawab…ayo.. kok tega-nya…teganya.

  6. snhadi on

    Sebenernya setahu setahu saya, MUI tidak mengharamkan mutlak rokok. Kenapa? karena MUI sendiri terdiri atas banyak ulama dari banyak ormas termasuk NU dan Muhammadiyah yang katanya lebih memakruhkan rokok.

    MUI hanya mengelurkan fatwa haram untuk :
    1. Merokok di tempat umum
    Saya setuju karena di tempat umum bisa jadi banyak anak2, orang yang sedang sakit, orang tua, wanita hamil yang ikut menghirup asap rokok. Belum lagi kalau merokoknya di ruang yang sempit seperti bus atau angkot.

    2. Merokok bagi anak2
    Saya setuju karena selain memboroskan uang, dampak kesehatannya jauh lebih besar. Bisa2 saat usia muda yang orang bilang usia produktif, mereka malah menjadi generasi yang sakit yang berpenyakit. Kalau sudah begini mana bisa bersaing dengan orang lain? Ngurus diri sendiri saja susah apalagi ngurus orang lain.

    3. Merokok bagi wanita hamil
    Kalau ini saya juga setuju, karena sangat berbahaya bagi janin. Bisa jadi nanti lahir cacat bahkan mati. Belum lagi berbahaya bagi calon ibu.

    4. Merokok bagi anggota MUI
    Kalau ini saya sangat setuju. Karena tentu sebagai ulama mereka harus mampu memberikan contoh yang baik bagi umat.

    Nah jika kita melihat fatwa ini tidak sekilas, alias lebih menyeluruh tentu kita akan bisa berpendapat lebih objektif.

    Saya juga kurang setuju jika ada orang yang meragukan kredibelitas ulama MUI. Kalau kita tahu, negara Amerika pun sangat memperhitungkan MUI looh karena dianggap independen dan memiliki kekuatan.

    • limpo50 on

      Apakah maunya MUI hanya mengarabkan bahasa Indonesia “Dilarang ?”; kalau itu tujuannya mestinya katakan “Dlarang” dan itu berarti terlambat…buat apa…. bukankah sudah dikatakan itu bisa menjadikan IMPOTEN, janin dst..dst… Bukankah HARAM itu tak pandang bulu ? Masak hanya berlaku bagi anak2 dan ibu2 saja ? ada apa dengan cara berfikir ini ?
      Jika kita diperhitungkan… cobalah katakan …dalam hal apa… Kendati sejagat melarang Israel menyerang…Amerika tetap dibelakangnya…itukah perhitungan ? Kita boleh tak sependapat Pak. Jadi itu biasa-biasa saja. Kita tak perlu saling menyetujui atau saling tak menyetujui… dan tak perlu harus sama, sebab dasar pengetahuan dan cara pandang bisa sangat berbeda…
      Mengharamkan bekicot juga pernah dilakukan dimasa sekitar tahun 70an. Pengaharaman itu lewat satu surat keputusan… Astaga.
      Salamku.

  7. estonhasiant on

    Iklan ramalan, sms jawaban langsung dari artis kapan jadi HARAM?

  8. terasilmu on

    Saya setuju, perbedaan pendapat bisa menambah pengetahuan kita, karena tentu kita bisa memandang satu masalah dari sudut pandang manapun. Jadi kita bisa saja setuju atau tidak setuju dengan pendapat orang lain, asalkan dilakukan dengan baik.

    Kita tentu sama-sama sadar, bahwa masalah rokok adalah masalah yang sangat rumit di negeri ini. Kita sudah lama tergantung dan terbelenggu. Bahkan mungkin sudah mengakar dan mendarah daging dari generasi ke generasi. Jadi tentu memerlukan solusi yang arif dan bijaksana.

    Menurut saya langkah yang diambil MUI sudah tepat karena melakukannya secara bertahap dan terbatas. Baru setelah masyarakat terbiasa, langkah lebih jauh bisa dilakukan. Ini sama saja dengan kasus pengharaman minuman keras yang dilakukan allah secara bertahap, tentu dengan melihat kondisi masyarakat yang ada.

    Masalah MUI yang cukup mendapat perhatian amerika tentu bukan sejauh itu pak. MUI hanya bagian kecil dari lembaga yang ada di negeri ini, jadi tentu pengaruhnya akan sangat kecil untuk masalah luar negeri. Bahkan kecaman dari negara saja masih dicuekin apalagi MUI!

    Maksud saya cukup disegani adalah ketika amerika mau menanamkan pengaruhnya di negeri ini, amerika melihat MUI sebagai suatu lembaga yang independen di negeri ini. Jadi sulit sekali dipengaruhi. Belum lagi ulama-ulama yang ada di dalamnya masih sangat berpengaruh dan dihormati di kalangan masyarakat.

    Contoh kasus, ketika perwakilan duta besar amerika dan rabi (pemuka agama yahudi) berkunjung ke markas MUI, mereka minta MUI mengubah paradigma bahwa yahudi tidak sama dengan zionis. MUI dengan argumentasinya, tetap berpendapat bahwa zionis israel tidak bisa dipisahkan dengan yahudi israel. Melihat keteguhan pendirian MUI ini, tamu asing itu akhirnya pergi dengan raut muka tidak senang dan tidak ramah, bahkan tanpa permisi. Padahal MUI sama sekali tidak menyerang mereka, hanya berargumen.

  9. muh iqbal on

    lihatlah dengan hati nurani anda sekalian maka kebenaran akan terlihat, MUI cuman mau menolong anda, siapakah orang yang peduli terhadap rokok ini? relakah anak anda merokok dan menjadi pesakitan?? SMOKING………NO WAY, biar MUI menghalalkan pun sy tetap menyatakannya haram jadah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: