Obat GENERIK atau obat PATEN atau OBAT BERMEREK?

Entah dari mana datangnya masalah untuk bersaling silang dalam istilah ini. Hanya sebatas istilah yang biasa… pengertian obat generik rupanya masih ada juga yang asing bagi sebagian kita padahal itu hanya penggunaan NAMA BAHAN BERKASIATnya sebagai nama obat jadi yang dikeluarkan pabrik. Pabrik tidak membuat nama lain yang elok buat obat ini… maka jadilah ia disebut obat GENERIK. Itulah MEREKnya jika merek dipertanyakan pada keberadaan obat ini. Lain halnya dengan obat PATEN yang banyak dibicarakan… Obat PATEN adalah sebutan penyingkat bagi obat dengan merek dagang yang dikeluarkan atau diberikan oleh pemilik paten itu…digunakan sebagai penanda milik pabrik atau pemilik paten dengan tujuan promosional dan keunikan yang berguna untuk menandai produk itu.
Maka jangan dikira obat GENERIK tidak mempunyai hak PATEN, sebab ketika senyawa baru itu ditemukan seorang farmasis ia akan memPATENkannya sebagai bukti berkekuatan hukum bahwa ialah penemu dan pemilik sejati obat dengan nama GENERIK ini.
Maka obat generik yang diproduksi satu pabrik farmasi memungkinkan BAHAN BAKU itu dijual kepada beberapa pabrik lainnya dimanapun. Pabrik-pabrik itulah kemudian yang menjual juga OBAT PATEN yang berlainan nama. Mereka berpromosi secara sehat, bersaing kembali dengan produsen bahan baku (yang juga memproduksi obat yang kita namai OBAT PATEN) secara sehat, terbuka dan diawasi obat penyelenggara aturan disemua negara.
Ada masalah apa ya dengan istilah ini….

5 comments so far

  1. puskesmas sungai ayak on

    Tks udah kasih komentar di blog kami dan udah unduh SIMPUS
    Mohon komentar lebih lanjut tentang SIMPUS Sungai Ayak.

    • limpo50 on

      Data Anda sudah direkam berapa lama ?

  2. Apoteker Network on

    Benar sekali Pak. Masyarakat “awam” umumnya selalu ingin yang “baik” dan bagi mereka, yang baik adalah yang “paten”. Perlu edukasi lebih terhadap masyarakat. Juga, pabrik obat generik perlu meningkatkan “mutu” obat mereka. Pada beberapa kasus, Saya melihat obat generik dengan kemasan dan petunjuk penggunaan “ala kadarnya”. Ini harus dibenahi, karena Masyarakat UMUMNYA (lagi) menilai obat dari bentuk luar (padahal bahan aktifnya sama).

    Salam Sehat untuk Anda dan keluarga😉

  3. Wahyu H on

    Anda tidak hati-hati membedakan antara generik, bermerek dan paten…
    Obat paten adalah obat original yang masih dalam masa paten dari perusahaan yang menemukan obat tersebut pertama kali.
    Obat bermerek adalah obat yang telah habis masa paten nya dan perusahaan lain dapat mencontoh (me too) tanpa harus membayar royalti kepada penemu pertama
    obat generik ya saya kira sudah jelas..

  4. limpo50 on

    Yah… mana-manalah silakan berdefinisi ya Mas Wahyu. Saya sudah lama tak aktif lagi dalam soal gini-ginian, anda punya aturan yang bisa ditampilkan ? tolong diinformasikan … yah.
    Terima kasih atas pemikirannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: